Harga Cabai Merangkak Naik - MEDIA ONLINE

Hot

Monday, October 22, 2012

Harga Cabai Merangkak Naik


PESAWARAN -
Memasuki H-5 hari raya Idul Adha 1433 H tahun ini, beberapa harga sembako di Pasar Kedondong, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran masih stabil. Berdasarkan hasil pantauan Lampung NewsPaper, kemarin (21/10), dari beberapa sembako, hanya harga cabai merah yang mengalami kenaikan.

Cuyin, salah satu pedagang mengungkapkan, harga sembako saat ini cukup stabil. “Belum ada kenaikan. Satu pekan mendekati lebaran harga masih stabil. Stok barang dan pasokan untuk sementara ini masih aman. Kalau sekarang ini lonjakan pembeli belum begitu ramai. Mungkin mendekati lebaran nanti,” ungkapnya.

Senada diungkapkan Mambers, pedagang lainnya. Menurut dia, untuk saat ini harga sembako masih stabil. Namun di antara beberapa harga sembako, seperti bawang, tomat, rampai, telor masih stabil. Hanya saja harga cabai mulai beranjak naik. “Kalau harga beberapa sembako saat ini masih stabil, Harga cabai yang naik. Baru hari ini (kemarin) naiknya,” ujar dia.

Jika sebelumnya harga cabai masih Rp18 ribu per kilogramnya, namun kemarin Rp20 ribu per kilogramnya,” tuturnya. Menurut dia, kenaikan harga cabai ini dipicu kurangnya pasokan yang didatangkan dari Gadingrejo. “Pasokan dari Gadingrejonya kurang. Hari ini (kemarin) saja sudah naik Rp2 ribu. Tidak tahu kalau besok (hari ini), sepertinya bakal naik lagi,” ungkap Mambers.

Selain pasokan kurang, sambung dia, musim kemarau yang cukup panjang beberapa bulan ini, membuat beberapa tanaman cabai hasil panennya kurang maksimal. “Kata mereka yang sering memasok, cabai memang kurang, karena panennya kurang bagus di sana,” imbuhnya.

Sementara itu, Yuli salah satu pembeli yang sedang berbelanja di pasar tersebut berharap agar harga sembako tetap stabil. “Mau kemana lagi saya belanja. Kalau bisa harga sembako tetap stabil menjelang lebaran kali ini. Baru saja saya belanja cabai. Kalau saya tidak ke pasar hari ini, saya tidak tahu kalau harganya sudah naik,” jelasnya. (rzi/fik)

Post Top Ad